Bisnis online adalah bisnis yang flexible, anda bisa bekerja dimana saja, asal ada computer dan koneksi internet.  Efisiensi dan efektifitas sangatlah diperlukan untuk memulai bisnis online.

Internet berkembang dengan sangat cepat. Begitu pula dengan perkembangan bisnis online.
Kalau anda serius dalam menjalani bisnis online ini, ada beberapa langkah-langkah awal yang harus dan wajib dilakukan.

Anda harus mempunyai dasar yang kuat kalau anda ingin sukses.
Dasar-dasar itu adalah penentuan produk, membuat website, otomatisasi dengan autoresponder, dan yang terakhir dan yang terpenting adalah trafik. Karena trafik berarti adalah penghasilan yang didapat dari bisnis online anda.

Penciptaan produk dalam bisnis online adalah sangat peting. Walaupun anda tidak membuat produk sendiri, anda masih bisa menjalankan bisnis online. Terdapat banyak jenis bisnis online yang dapat anda jalankan.
Anda bisa berjualan produk fisik, bisnis internet komunitas, berjualan produk digital, iklan, blog marketing, bisnis domain dan hosting, forum, ataupun berita online dan masih banyak jenis bisnis online lainnya.
Hampir semua bidang usaha dapat anda jalankan tanpa modal.

Konsep dari bisnis online ini dapat anda lakukan step by step, mulai dari
  1. Mempelajari target pasar dan apa saja kebutuhan orang-orang di internet; Internet adalah jaringan komunikasi global. Riset pasar tidak bisa dianggap remeh, karena ini kunci dari semua kesuksesan anda dalam menjalankan bisnis online. Anda dapat menggunakan alat yang tersedia dalam menjalankan riset pasar. Tersedia banyak alat gratis yang dapat anda manfaatkan.
  2. Belajar tentang dasar-dasar membuat halaman situs; sekarang ini banyak alat yang mudah sekali digunakan tanpa anda harus menjadi ahli dalam bahasa pemrograman. Tetapi paling tidak anda harus mempunyai dasar-dasar HTML dan CSS untuk memulai bisnis online anda.
  3. Membeli domain dan menyewa hosting; domain adalah alamat situs kita di internet. Dan web hosting adalah tempat untuk memasukkan domain kita yang berisi halaman situ kita. Seperti kalau kita hendak membuka took offline. Kita harus punya nama toko dan alamat tempat usaha bisnis online kita ataupun web yang hanya berisi informasi iklan.
  4. Merancang sebuah web yang sederhana dan menarik; web yang menarik tetapi tetap sederhana akan membuat pengunjung untuk tetap berlama-lama mengunjungi situs kita. Web professional adalah 80% isi yang menarik dan bermanfaat dan sisanya 20% dari desain yang menarik. Desain yang menarik bukan berarti yang ramai dengan tetapi tanpa isi yang berkualitas. Dan membuat bisnis online kita semakin dikenal.
  5. Selalu menjaga kredibilitas Web kita; seorang professional adalah bukan meniru hasil kerja orang lain. Maka dari itu selalu menjaga kualitas dan keaslian dari isi web kita adalah hal penting yang harus dijaga. Selalu berusaha untuk dapat memberikan service dan keuntungan dari bisnis online yang bernilai tinggi kepada para pengunjung.
  6. Datangkan traffick atau pengunjung sebanyak-banyaknya ke situs kita dengan cara santun dan bukan SPAM; kesuksesan bisnis online terletak banyak atau tidaknya pengunjung yang datang. Temukan cara yang efisien dan efektif dalam mendatangkan pengunjung ke web kita. Anda dapat menggunakan sarana komunitas yang ada sebagai langkah awal promosi bisnis online anda.
  7. Jangan mengharapkan penjualan pada langkah awal anda. Berikan sebanyak-banyaknya informasi, keuntungan dan tawaran special kepada pengunjung. Dengan semakin dikenalnya bisnis online anda, penjualan akan terjadi dengan sendirinya.
Kalau anda sudah menjalankan konsep dasar dari bisnis online diatas, anda bisa memilih jenis dari bisnis online itu sendiri.

Salah satu bisnis online yang mudah dijalankan adalah mejadi reseller, dengan menjadi reseller, anda akan banyak mendapatkan manfaat karena anda tidak perlu membuat produk, anda juga tidak perlu membuat system, dan tidak perlu mengatur pengiriman produk.

Kita hanya perlu melakukan promosi untuk produk tersebut.Promosikan bisnis online dengan cara melalui e-mail, membuat link di Blog, website komunitas, dan masih banyak yang lain lagi.


Saya sudah banyak bagikan teknik dan metode yang biasa saya pakai untuk terus berpenghasilan secara online, baca pengalaman saya disini


Untuk mau tahu bagaimana cara membuat website bisnis gratis tanpa harus menyewa programer berbayar mahal, bisa klik disini :